Apakah ada pengajaran lain?
Meskipun mencari diagnosis adalah hal penting, tetapi yang lebih penting adalah menciptakan rencana pertolongan yang tepat. Karena kesulitan belajar dapat mempengaruhi anak tersebut dan keluaganya dalam berbagai cara, pertolongan mungkin dibutuhkan dalam berbagai cara yaitu pertolongan yang bersifat pengajaran, medis, emosi dan latihan.
Dalam banyak cara, anak-anak dengan masalah kesulitan belajar tidak berbeda dengan anak-anak yang tidak mengalami masalah kesulitan belajar. Di sekolah mereka makan bersama dan bergantian berolahraga, main game dan melakukan kegiatan-kegiatan setelah sekolah. Tetapi ketika anak yang mengalami masalah kesulitan belajar membutuhkan pengajaran khusus, seyogianya banyak sekolah swasta menyediakan program khusus.
Sekolah-sekolah biasanya menyediakan program pengajaran khusus apakah diruang terpisah selama belajar atau kelas pengajaran khusus yang diminati oleh murid bermasalah selama beberapa jam setiap minggu.
Jika orang tua memilih pertolongan dari luar sekolah, mereka seharusnya memilih ahlinya dengan hati-hati. Tenaga ahli itu seharusnya mampu menjelaskan hal-hal agar orang tua mengerti. Kapanpun kemungkinannya, tenaga ahli itu seharusnya memiliki sertifikat professional dan pengalaman dengan kelompok pembelajar usia tertentu dan jenis kesulitannya
Merencanakan program pengajaran khusus diawali dengan mengidentifikasi secara sistimatis apakah anak itu dapat atau tidak dapat melakukan sesuatu. Tenaga ahli itu mencari pola-pola gap anak tersebut. Sebagai contoh, jika anak itu gagal mendengarkan bunyi-bunyi terpisah dalam kata, apakah ada masalah diskriminasi bunyi lainnya? Jika ada masalah dengan tulisannya, apakah ada keterlambatan motorik lainnya? Apakah ada masalah menetap di memorinya?
Guru pengajaran khusus juga mengidentififkasi jenis-jenis tugas yang dapat dikerjakan anak dan perlu mengetahui indera yang berfungsi dengan benar. Dengan menggunakan indera dan menghindari ketidakmampuan, banyak anak-anak dapat mengembangakan keterampilan yang dibutuhkan. Kekuatan-kekuatan ini menawarkan cara alternatif yang anak-anak dapat pelajari.
Setelah menilai kekuatan dan kelemahan anak, guru tersebut menyusun suatu program pengajaran individu. Program itu menguraikan keterampilan khusus agar anak berkembang dan juga aktifitas yang cocok agar membangun kekuatan anak. Banyak aktifitas pembelajaran yang efektif mengikusertakan beberapa keterampilan dan indera. Sebagai contoh, dalam belajar mengeja dan mengerti kata-kata, seorang anak diminta melihat, mengucapkan, menulis dan mengeja setiap kata baru. Murid itu juga menulis kata-kata di pasir, yang mengikutsertakan indera peraba.
Pendekatan pribadi yang digunakan oleh seorang terapi bicara dan bahasa sering sukses dalam menolong anak-anak, dimana instruksi kelas regular gagal melakukannya. Terapi bicara dan bahasa memfokuskan pada penyediaan lingkungan yang menyenangkan tapi terstruktur untuk melatih pola-pola bahasa. Sebagai contoh, penerapi itu boleh membantu seorang anak yang memiliki kesulitan artikulasi untuk menyuarakan bunyi tertentu. Selama aktifitas, penerapi boleh berbicara tentang mainan kemudian mendorong anak menyuarakan bunyi atau kata-kata yang sama. Sebagai tambahan anak tersebut boleh melihat penerapi menyuarakan bunyi, merasakan vibrasi di tenggorokan penerapi,kemudian berlatih menyuarakan bunyi.
Para periset juga menyelidiki metode pengajaran yang tidak standar. Beberapa orang membuat kondisi pembelajaran yang tidak umum yang dapat membantu otak menerima informasi dengan cara-cara yang tidak standard. Sebagai contoh, dalam beberapa masalah kesulitan bahasa, otak tampaknya memproses informasi vebal secara lambat. Para ilmuwan menguji apakah komputer yang dapat berbicara dapat membantu anak-anak menyuarakan bunyi lebih cepat. Komputer mulai secara perlahan, menyuarakan satu bunyi. Ketika anak itu dapat menyadari bunyi itu secara lebih baik dan menghatarkannya sebagai kata-kata, bunyi-bunyi yang dimunculkan dari komputer dipercepat sampai ke tingkat bicara normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Your comment